Ukuran Septic Tank

Ukuran Septic Tank Yang Ideal

5/5 - (7 votes)

Ukuran Septic Tank – Ada banyak faktor yang perlu menjadi perhatian saat membangun Septic Tank, mulai dari kemiringan pipa, kemampuan tangki, sampai ketinggian WC pada septic tank.

Namun bukan hanya faktor teknis saja. Anda juga harus memperhatikan faktor lainnya seperti kebiasaan dan meteorologi.

Yang perlu jadi perhatian ialah ukuran ideal dan standar septic tank. Ya, makin banyak yang tinggal di rumah, makin besar pula ukuran yang di perlukan.

Ukuran Sesuai Jumlah Penghuni Rumah

Ukuran Septic Tank

1. Ukuran Tangki Septik untuk jumlah penghuni empat orang

Untuk rumah yang berisi sampai empat orang, ukuran septic tank yang ideal adalah 1,5 m X 1,5 m x 2 m. Dan, sumur resapannya dapat di buat dengan ukuran 1 m x 1 m x 2 m.

2. Ukuran Tangki Septik untuk jumlah penghuni lima orang

Jika di dalam rumah ada 5 penghuni, ukurun ideal septic tank dengan volume ruangan basah sebesar 1,2 m3, ruangan lumpur 0,45 m3, dan ruangan tingkat batasan bebas 0,4 m3.

Ukuran dimensi panjang, lebar, dan tingginya 1,6 m, 0,8 m, dan 1,6 m. Dengan ukuran ini, septic tank bisa bertahan minimal selama tiga tahun tanpa perlu pengurasan.

Bila penempatan Septic Tank telah sesuai dengan ukuran ideal, maka banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh. Stok air bersih akan lebih banyak di rumah Anda untuk kehidupan sehari – hari.

Kesehatan keluarga akan selalu terjaga, secara ekonomi kita di untungkan karena tak perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk sumber air bersih.

Baca Juga :

>> Cara Mengatasi WC Mampet dengan Sunlight <<

Cara Membuat Septic Tank Yang Tepat

Berikut ini cara membangun septic tank yang bisa Anda lakukan di rumah Anda.

  1. Keduk tanah dengan kedalaman 1,5 mtr. dan lebar 2 mtr. untuk ukuran septic tank standar.
  2. Buat sisi penyekat pas di tengah galian untuk membuat dua kolom septic tank dempet, sebagai pembatas kotoran cair dan padat.
  3. Tahap selanjutnya ialah pemberian pipa sambungan pada penyekat menggunakan material pipa paralon dengan ukuran 4 inch.
  4. Dianjurkan untuk membuat arah paralon dari WC turun sampai sejajar ke tempat pembuangan. Misalkan untuk ukuran ketinggian paralon 80, maka ketinggian sekatnya 75 dan ketinggian paralon pembuangan 70.
  5. Buatlah dinding sepiteng dengan bata merah yang di lapis dengan plester.
  6. Alas dasar sepiteng perlu di buat juga agar tidak ambruk atau bocor.
  7. Langkah terkhir adalah menutup septic tank dengan papan.

Jangan Sampai Salah Cara dalam Membuat Septic Tank

Standard Nasional Indonesia (SNI) telah mempunyai ketetapan nomor 2398:2017 yang dapat menjadi pedoman dalam proses pembuatan septic tank yang ideal.

Dalam standard itu, ada banyak hal yang perlu di jauhi agar meminimalisir risiko permasalahan di masa datang.

1. Ukuran Septic Tank Terlalu Kecil

Seperti halnya wadah penampung pada umumnya, ukuran besar kecilnya akan berpengaruh pada volume daya tampung yang di miliki.

Bila ukuran septic tank kekecilan, Anda akan semakin sering memanggil jasa sedot WC karena hanya bisa menampung sedikit dan leih cepat terjadi WC tersumbat.

Ukuran Septic Tank Kecil

Standard yang di putuskan untuk ukuran septic tank dengan perbedaan panjang 2:1 sampai 3:1.

Minimum lebar septic tank ialah 0,75 mtr., panjang 1,5 mtr., dan tingginya 1,5 mtr., terhitung tingkat batasan 0,3 mtr..

Ukuran septic tank itu juga harus sesuai jumlah orang yang tinggal di dalam rumah. Makin banyak penghuni sebuah rumah, tentu saja memerlukan volume tempat penampungan yang semakin besar.

2. Susunan Bangunan yang Kurang Kuat

Pemakaian bahan bangunan untuk membuat septic tank tidak boleh sembarangan. Terutamanya bila Anda tinggal di wilayah dengan tanah yang rapuh dan mempunyai tingkat curahan hujan tinggi.

Ukuran Septic Tank Kecil

Agar terbebas dari kerusakan dini, septic tank perlu di buat dengan material yang berkualitas supaya lebih kuat dan tahan kebocoran.

Rekomendasi material yang bagus adalah dinding bata dan plat beton untuk alas penutup sepiteng.

3. Jarak Sumur dengan Septic Tank

Faktor penting dalam pembuatan septic tank selanjutnya akan menentukan tingkat higienitas sistem sanitasi yang ada di rumah Anda.

Sesuai Standard Nasional Indonesia (SNI) 03-2916-1992 terkait Detail Sumur Keduk untuk Sumber Air Bersih, jarak horizontal sumur ke hilir dari saluran air tanah atau sumber pengotoran (septic tank) perlu lebih dari 11 mtr., dan jarak sumur untuk komunal pada perumahan ialah lebih dari 50 mtr..

Bila jarak sumur dengan septic tank telah mengikuti standard di atas, risiko pencemaran air dapat di minimalisir.

Agar lebih mudah dan aman, kami sarankan untuk menyewa jasa sedot WC untuk pembangunan septic tank baru maupun renovasi septic tank.

Sekian dari kami semoga bermanfaat….

Ukuran Septic Tank

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat Semua Komentar