Cara Mengatasi Westafel Mampet

5 Cara Mengatasi Wastafel Mampet dengan Mudah

5/5 - (242 votes)

Cara Mengatasi Wastafel Mampet – Wastafel mampet sering menjadi permasalahan di setiap rumah tangga. Westafel mampet bisa Anda tangani sendiri dengan bahan yang mudah di dapatkan. Seperti bahan dapur dan bahan kimia yang di jual di warung dekat rumah.

Penyebab westafel mampet biasanya karena terjadi penyumbatan pada pipa / saluran pembuangan. Bisa karena sisa makanan ataupun juga karena benda padat, seperti mainan anak entah sengaja di masukkan atau tidak.

Cara mengatasi westafel mampet adalah dengan mengambil sumbatan yang menghadang aliran air. Saluran buangan wastafel ukurannya lebih kecil sehingga sulit untuk di jangkau dengan tangan.

Nach, silahkan ikuti tutorial cara mengatasi wastafel mampet di bawah ini sehingga wastafel bisa kembali normal. Alat atau bahan yang di pakai mudah di dapat dan harganya terjangkau.

Cara Mengatasi Wastafel Mampet

Wastafel mampet tejadi karena terdapat kotoran yang menyumbat pada saluran pembuangan. Cara mengatasinya adalah dengan mengambil kotoran atau benda yang menyumbat.

Dengan demikian saluran air dapat kembali normal. Mengambil kotoran di bibir saluran pembuangan lebih mudah karena bisa di jangkau dengan tangan.

Sementara di bagian dalam pipa lebih susah. Ukuran pipa relatif kecil sehingga tidak bisa di raih dengan tangan kosong

Berikut Cara Mengatasi Wastafel Mampet dengan Mudah :

1. Siram Air Panas

Cara membersihkan wastafel mampet paling simpel ialah dengan menyirami saluran pembuangan menggunakan air panas. Air panas bisa meluruhkan / mengencerkan kotoran berlemak atau minyak.

Jangan memakai cara ini bila wastafel Anda berbahan plastik yang kurang berkualitas. Air panas yang di siram nanti akan melelehkan westafel Anda.

2. Pakai Plunger

Anda bisa menggunakan plunger sebagai salah satu cara menangani wastafel mampet. Untuk memakainya, tinggal tempatkan sisi kop / mangkok plunger ke bibir saluran pembuangan.

Pencet dan ambil tangkai plunger ke atas bawah secara cepat. Sesudah 10-12 kali, tekan plunger lalu tarik dengan kuat. Dengan demikian saluran buangan bisa lancar kembali. Anda bisa mengulangi langkah tersebut apabila westafel belum bisa normal.

Cara Mengatasi Westafel Mampet

Pemakaian plunger kerap di gunakan untuk WC mampet. Umumnya saat sebelum tekan dan menarik kop di sekitar karet plunger di beri air terlebih dahulu.

Cara ini efektif untuk menggerakkan / membongkar kotoran yang menutup pipa pembuangan. Selesai menarik plunger, air yang ada di sekitaran karet plunger langsung akan mengucur ke saluran buangan.

Baca Juga : >> Mengatasi WC Mampet dengan Sunlight <<

3. Kabel Auger

Jika Anda tidak punya plunger, Anda juga bisa menggunakan kabel auger. Cara menangani wastafel mampet dengan kabel auger tidak berbeda jauh dengan plunger.

Cara penggunannya adalah dengan melepas sambungan pipa. Lepaskan pipa trap yaitu pipa meliuk yang menyambungkan pipa horizontal dan vertikal.

Coba cari sumbatan pada pipa trap. Maukkan kabel auger selanjutnya dorong sampai kabel masuk ke dalam.

Ambil kabel sejauh 46 cm selanjutnya putar kabel sama arah jarum jam. Bila kabel mengenai sampah penyumbat, putar berlawanan lalu tarik.

Maksudnya untuk memancing sumbatan agar ikut tertarik. Jika sudah berhasil mengeluarkan sumbatan, kembalikan pipa seperti semula.

4. Minuman Soda

Minuman bersoda dikenal sanggup merontokkan kotoran berkerak. Cara mengatasi wastafel mampet dengan minuman bersoda sebaiknya menyiapkan bahan sekitar 2 liter.

Kemudian tuang ke wastafel yang mampet. Biarkan sampai ada gelembung dan suara mendesis. Diamkan rendaman minuman bersoda ini selama 1-2 jam.

Kemudian buka keran air untuk mengguyur genangan. Minuman bersoda akan merontokkan kerak dan kotoran yang lain.

5. Soda Kue dan Cuka

Selain minuman bersoda, Anda juga bisa memanfaatkan soda kue atau cuka. Tipe cuka yang dipakai sebaiknya cuka putih.

Pertama – tama taburkan soda kue ke bibir saluran pembuangan. Kemudian teteskan cuka ke aliran air.

Sumbat bibir saluran pembuangan menggunakan kain. Tujuannya agar cuka dan soda kue bisa tercampur rata. Biarkan sampai 5 menit, selanjutnya siram dengan air panas.

Cara Mengatasi Westafel Mampet

Siram terus menerus hingga saluran air bisa lancar kembali. Lakukan cara ini dengan rutin agar sumbatan benar – benar bisa bersih / hilang..

Pemakaian cuka dan baking soda bisa menghilangkan karat. Bau cuka cukup tajam, seharusnya pakai masker saat menggunakannya.

Silahkan Anda pilih diantara cara mengatasi westafel mampet diatas. Semoga westafel Anda bisa kembali normal sehingga pekerjaan Anda menjadi lebih mudah.

Sekian tutorial dari kami semoga bermanfaat..

Cara Mengatasi Wastafel Mampet

2 komentar untuk “5 Cara Mengatasi Wastafel Mampet dengan Mudah”

  1. Revan

    Saya sudah mencobanya dan sangat ampuh sekali thnks

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.